UJI SERTIFIKASI JURU GAMBAR BAGI SISWA SMK N 5 SEMARANG BERSAMA LPJK DAN BALAI JASA KOSNSTRUKSI WILAYAH IV SURABAYA

Pada hari Rabu, 16 Juni 2021 lalu, peserta didik kelas XII (baru lulus) dari Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) SMK Negeri 5 Semarang melaksanakan Uji Sertifikasi TA 003 Juru Gambar /Draftman- Arsitektur Kelas 2. Kegiatan ini merupakan kerjasama Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) dengan PUPR Bina Konstruksi / Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya. LPJK atau asosiasi profesi yang terakreditasi adalah lembaga yang berwenang mengeluarkan sertifikat sesuai klasifikasi tenaga ahli konstruksi meliputi keahlian dibidang Arsitektur, Sipil, Mekanikal, Elektrikal, Tata Lingkungan dan Manajemen Pelaksanaan.

Sertifikat Keterampilan (SKT) TA 003 Juru Gambar/Draftman-Arsitektur adalah salah satu bidang dari Sertifikat Keterampilan (SKT). Sertifikat Keterampilan (SKT) ini diterbitkan LPJK dan diberikan kepada tenaga terampil konstruksi yang telah memenuhi persyaratan kompetensi berdasarkan disiplin keilmuan, kefungsian dan/atau keterampilan tertentu. Jumlah peserta yang mengikuti sertifikasi ketreampilan ini adalah 83 peserta. Berdasarkan hasil penilaian subklasifikasi dan kualifikasi dari 83 peserta yang direkomendasikan kompeten sebanyak 82 peserta dan yang direkomendasikan belum kompeten sebanyak 1 peserta.

Kegiatan ini terlaksana di dasarkan Undang-undang Jasa Konstruksi no 2 tahun 2017 bahwa setiap Tenaga Kerja yang bekerja di bidang konstruksi wajib memiliki  Sertifikat Kompetensi Kerja dan Setiap pengguna Jasa wajib mempekerjakan Tenaga Kerja yang memiliki Sertifikat Kompetensi Kerja. Pekerja di sektor konstruksi yang melakukan pekerjaan konstruksi WAJIB memiliki Sertifikat Keterampilan atau SKT dan terdaftar sebagai Tenaga Terampil perusahaan.

 (Sunarti, S.Pd.,M.Pd.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *