PENERJUNAN UNNES LANTIP DI SMK NEGERI 5 SEMARANG

STEMA, Rabu, 13 Juli 2022  di SMK Negeri 5 Semarang dilakukan penerjunan acara UNNES LANTIP angkatan 2 dari Universitas Negeri Semarang. Penerjunan tersebut dilaksanakan secara luring yang dihadiri oleh Bapak Dr. Ir. Rahmat Doni Widodo, S. T., M. T., selaku  Koordinator Dosen Pembimbing dari UNNES, Bapak Sri Suwarno, S.Pd, M.Pd  selaku Kepala Sekolah, serta beberapa Guru Pamong dari SMK Negeri 5 Semarang dan mahasiswa UNNES LANTIP angkatan 2.  Mahasiswa UNNES LANTIP sendiri akan bertugas dan belajar di SMK Negeri 5 Semarang mulai tanggal 13 Juli sampai 30 September 2022, yang bertepatan pada Semester Ganjil 2022/2023, dengan tujuan untuk mencari pengalaman lapangan dalam hal mengajar peserta didik.

UNNES LANTIP merupakan Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang berupa praktik di sekolah yang dikembangkan dan diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi (LP3) Universitas Negeri Semarang, untuk memberikan kesempatan mahasiswa untuk berkontribusi nyata dalam pembangunan sumber daya manusia unggul dengan membantu siswa bersama guru dan sekolah melalui pembelajaran kreatif, inovatif, dan menyenangkan yang sekaligus membekali mahasiswa dengan literasi digital dan teknologi untuk pembelajaran berkualitas, dibawah pengelolaan Pusat Pengembangan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) LP3 Universitas Negeri Semarang.

Agenda ini merupakan kegiatan rutin tiap tahunnya antara Universitas Negeri Semarang dan SMK Negeri 5 Semarang. Pada tahun-tahun sebelumnya dikenal dengan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Hal yang membedakan Kegiatan LANTIP dengan Kegiatan PLP pada tahun sebelumnya adalah pada tahun ini kegiatan ini berganti menjadi UNNES LANTIP serta kegiatan ini dilakukan secara luring atau terjun langsung ke sekolah yang bersangkutan selama tiga bulan.

Harapannya adalah mahasiswa yang mengikuti kegiatan UNNES LANTIP di SMK Negeri 5 Semarang akan dapat banyak belajar serta berkontribusi sebaik mungkin untuk memajukan pendidikan di sekolah. Sehingga hasil akhirnya diharapkan akan menjadi bekal ilmu dan pengalaman dari apa yang diajarkan Bapak/Ibu Guru Pamong dan hasil observasi lingkungan sekolah yang akan berguna kelak kedepannya bagi mahasiswa sebagai seorang calon guru masa depan.

 

Penulis: Mahasiswa UNNES LANTIP

Leave a Reply

Your email address will not be published.