Pembelajaran Google Meet Meningkatkan Minat Belajar Sistem Komputer Di Masa Pandemi

   Sejak menyebarnya pandemi COVID-19 di seluruh dunia telah berdampak terhadap kebijakan politik maupun kebijakan dalam negeri terutama di Indonesia khususnya di bidang Pendidikan. Pemberlakuan kebijakan physical distancing yang kemudian menjadi dasar pelaksanaan belajar dari rumah, dengan pemanfaatan teknologi informasi yang berlaku secara tiba-tiba, tidak jarang membuat guru dan siswa kaget termasuk orang tua bahkan semua orang yang berada dalam masa pandemi. Pembelajaran teknologi informasi memang sudah diberlakukan dalam beberapa tahun terakhir dalam sistem pendidikan di Indonesia. Namun, pembelajaran daring yang berlangsung selama masa pandemi Covid-19, membuat kaget hampir di semua lini, dari kabupaten/kota, provinsi, pusat bahkan dunia internasional.

   Selama ini proses pembelajaran Sistem Komputer melalui pemanfaatan teknologi informasi dengan media Google Classroom hanya bisa dilakukan sekedar menyampaikan materi dan tugas yang berupa text terstruktur tanpa bisa menyampaikan pembahasan secara detail, sehingga semakin lama minat untuk mengikuti pembelajaran Sistem Komputer semakin hari semakin menurun. Hal ini memicu inovatif guru untuk mencari solusi bagaimana cara meningkatkan minat belajar siswa agar kembali bergairah untuk mengikuti dan mengerjakan tugas-tugas Sistem Komputer secara online atau daring.

   Menurut Dr. Gogot Suharwoto (Plt. Kapusdatin Kemendikbud) dalam artikelnya (Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan) Di tengah pandemi Covid-19 ini, sistem pendidikan kita harus siap melakukan lompatan untuk melakukan transformasi pembelajaran daring bagi semua siswa dan oleh semua guru. Kita memasuki era baru untuk membangun kreatifitas, mengasah skill siswa, dan peningkatan kualitas diri dengan perubahan sistem, cara pandang dan pola interaksi kita dengan teknologi.

   Sebagai alternatif untuk menyikapi dan mensiasati metode tatap muka melalui Pembelajaran Jarak Jauh dalam hal ini adalah Daring atau sering disebut sebagai dalam jaringan untuk tetap belajar dari rumah dan mengadakan pembelajaran tatap muka secara online. Banyak aplikasi online meeting atau web conferencing seperti Zoom, Skype dan kini Google Meet menjadi pilihan banyak guru untuk tetap terhubung langsung dengan siswa. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir dan memutus rantai penyebaran coronavirus.

   Google Meet adalah produk dari Google yang merupakan layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google. Google meet bukanlah hal yang sulit untuk memperkenalkan kepada siswa, karena selama Pembelajaran Sistem Komputer sudah memanfaat kan Google Classrom sebagai media pembelajaran, Google Meet sebagai penyempurna metode pembelajaran tatap muka secara online.

   Selama mengikuti pembelajaran dengan Google meet seluruh siswa sangat antusias karena dapat secara langsung bertatap muka dengan teman-teman sekelas dan bisa secara langsung bertemu dengan guru nya. Dalam metode ini guru bisa langsung menyampaikan materi yang sebelumnya sudah disampaikan melalui Google Classroom, sehingga tinggal mengulas dan membahas hal-hal penting yang sekiranya butuh untuk pemahaman secara langsung kepada siswa. Hal ini disambut antusias dan beragam oleh siswa dan berharap tiap pertemuan menginginkan untuk tatap muka melalui media Google Meet. Sehingga dengan di berlakunya metode tatap muka melalui Google Meet minat belajar siswa kelas X Teknik Transmisi Telekomunikasi SMK Negeri 5 Semarang untuk mata pelajaran Sistem Komputer dapat meningkat kembali, sehingga metode ini sangat tepat untuk guru dalam melakukan penyampaian materi terkait dengan praktikum pemanfaatan teknologi khususnya kompuiter siswa siswi kelas X Teknik Transmisi Telekomunikasi, terbukti dengan banyaknya siswa yang antusias mengikuti secara langsung dalam kegiatan belajar mengajar selama Pembelajaran Jarak Jauh secara online.

Sutiyo, S.Pd

Guru Teknik Transmisi Telekomunikasi SMK N 5 Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *