Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Office 365 Dalam Pembelajaran Bagi Guru SMK Negeri 5 Semarang

Setahun lebih sejak pandemi Covid-19, penyelanggaraan pembelajaran di sekolah diselenggarakan melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ)/ daring. Kejenuhan tidak hanya dirasakan oleh siswa ,namun juga kepada guru. Untuk itu diperlukan perubahan model PJJ yang menarik. Dalam upaya peningkatan mutu penyelenggaraan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) dan  pemberdayaan SDM sekolah, SMK Negeri 5 Semarang pada hari Senin, 19 April menyelenggarakan Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Office 365 secara internal bagi guru dengan menggunakan domain @smkn5smg.sch.id. Pada saat pembukaan acara, Kepala Sekolah,  Sri Suwarno, S.Pd., M.Pd, yang pada saat itu diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, menitipkan pesan kepada Bapak/ Ibu Guru untuk serius dalam mengikuti pelatihan karena ini kesempatan yang sangat bagus untuk menambah kompetensi IT khususnya dalam pelaksanaan PJJ. Tujuan utama pelatihan ini adalah agar Bapak/Ibu Guru mengenal, mengerti, memahami, mendalami, dan mampu mengaplikasikan Office 365 dalam PJJ. Masalah pelaksanaannya dimulai kapan, akan ditentukan kemudian.

Setelah semua sarpras siap dan orang tua mendukung, maka pelaksanaan PJJ dengan moda office 365 bisa dilaksanakan.  Mengingat situasi dan kondisi covid, maka jumlah peserta sengaja diambil 30 peserta saja yang terbagi menjadi dua ruang dengan protokol kesehatan yang ketat. Nantinya guru yang mengikuti pelatihan diharapkan dapat mengimbaskan kepada rekan-rekan guru lain sehingga diharapkan awal tahun ajaran baru nanti semua guru sudah dapat menerapkan office 365 dalam PJJ masing-masing.

Adapun narasumber dalam pelatihan ini adalah Bapak Komariyanto, S.Pd. dan Masruhan Mufid, S.Pd., M. Kom. yang masing-masing melatih 15 guru per ruang. Dalam pemaparan materinya Bapak Mufid menerangkan bahwa Office 365 merupakan aplikasi buatan Microsoft yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses email, kontak, dokumen kalender, dan berkolaborasi di mana saja dengan menggunakan berbagai perangkat seperti PC, laptop, tablet, android atau iphone.

Fokus pada office 365, Mufid menyatakan bahwa Layanan Office 365 terdiri dari sejumlah produk dan layanan. Semua komponen Office 365 dapat dikelola dan dikonfigurasi melalui portal online sederhana; pengguna dapat ditambahkan secara manual atau diimpor dari file CSV. Office 365 menyertakan beberapa aplikasi produktivitas yang dirancang untuk kebutuhan kolaborasi di tingkat organisasi, departemen, dan tim. Saat ini, daftar alat kolaborasi termasuk OneDrive for Business, SharePoint Online, Microsoft Teams, Yammer, Skype for Business, Outlook Online, dan Delve Board.  Di Microsoft Teams ada beberapa fitur seperti Obrolan, Rapat, Panggilan, kalender, dan kolaborasi. Dalam Kolaborasi kita bisa bagikan dan edit file secara real time dengan mudah menggunakan aplikasi yang tak asing lagi seperti Word, PowerPoint, dan Excel.

Target pelatihan juga sampai pada penggunaan Microsoft Form. Microsoft Form adalah aplikasi yang memungkinkan kita untuk membuat survei, kuis, dan lainnya dengan hasil yang otomatis bisa dilihat. Selain itu, data dari Microsoft Form ini juga langsung bisa diekspor ke Microsoft Excel.

Pelatihan berakhir tepat pukul 16.00 dengan membawa ilmu yang semoga bermanfaat bagi bapak ibu guru peserta pelatihan. Tidak ada kata terlambat untuk belajar, Semoga pemberdayaan SDM ini dapat mengejar langkah PJJ kita yang mungkin sudah banyak dilakukan dahulu  oleh sekolah-sekolah lain. Aamiin.

Penulis : Sunarti, S.Pd.,M.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published.