NYANTRI DI STEMA

Bagi umat muslim,Ramadan adalah bulan yang spesial. Banyak yang memanfaatkan bulan Ramadan sebagai momentum untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt. Hal itu pula yang dilaksanakan oleh SMK Negeri 5 Semarang dengan menggelar kegiatan Pesantran Ramadan.

SMK Negeri 5 Semarang memanfaatkan bulan Ramadan untuk mendidik siswa-siswinya  untuk memahami ajaran islam lebih mendalam. Mengingat selama ini porsi pembelajaran Pendidikan Agama Islam sendiri masih terlalu minim.

Kegiatan Pesantren Ramadan diikuti oleh siswa kelas X dan XI tersebut dilaksanakan mulai tanggal 12 April 2022 sampai dengan 21 April 2022 yang  terjadwal berdasarkan jurusan masing-masing. Pelaksaan Pesantren Raamadan tetap mengikuti standard potokol kesehatan, di antaranya dengan meminimalisasi kerumunan. Oleh sebab itu, tempat pelaksanaan kegiatan terbagi menjadi tiga tempat, yaitu masjid, aula, dan  ruang kelas.

Rangkain Pesantren Ramadan di awali dengan salat dhuha di masjid sekolah. Kemudian dilanjutkan dengan  materi BTA (Baca Tulis Alquran), dan taklim. Diakhir materi, sebelum kegiatan selesai, para santri diberikan waktu untuk melakukan refleksi tertulis atas kegiatan yang telah mereka ikuti mulai pukul 09.00 WIB s.d 11.40 WIB.

“Meskipun singkat, harapannya kegiatan ini membekas di hati para santri. Tetapi yang lebih penting lagi, semoga kegiatan ini memotivasi mereka untuk lebih mengenal ajaran islam. Jika mereka sudah benar-benar mengenal dan memahami ajaran islam dengan baik maka kan berimbas pada sikap dan akhlah merek” , ujar Khafidi, M.Pd.I selaku pengampu Pesantren Ramadan dan juga guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 5 Semarang.

 

Penulis: Heri Widodo, S.Pd., Gr.

Leave a Reply

Your email address will not be published.