MPLS ONLINE SMK NEGERI 5 SEMARANG DI MASA PANDEMI COVID-19

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. Dalam situasi pandemi Covid-19 dan dalam masa PPKM ( Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat Jawa-Bali, maka proses MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah) pun akhirnya tidak dapat dilaksanakan sebagaimana biasanya. Oleh karena itu, MPLS tahun ini dilakukan secara daring. Para siswa baru berada di rumah masing-masing selama pelaksanaan MPLS, sementara panitia berada di sekolah dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Meskipun, melaksanakan kegiatan MPLS secara daring namun tidak menyurutkan semangat siswa dalam mengikuti kegiatan ini, Ujar Ketua Panitia MPLS SMK Negeri 5 Semarang, Bapak Tri Yudo Baskoro, S.Pd.

MPLS SMK Negeri 5 Semarang dibuka secara langsung secara daring oleh Kepala SMK Negeri 5 Semarang, Bapak Sri Suwarno, S.Pd., M, Pd. Sebanyak 468 peserta didik baru dari enam kompetensi keahlian di SMK Negeri 5 Semarang ini mengikuti kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 12 Juli 2021 sampai dengan 14 Juli 2021.

Sebelum memasuki kegiatan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), setiap peserta didik baru biasanya akan mengikuti agenda masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS). MPLS diadakan untuk mempermudah peserta didik baru mengenali berbagai hal yang berkaikaitan dengan Sekolah, tata tertib sekolah, maupun metode belajar yang berbeda dengan lingkungan pendidikan sebelumnya.

MPLS di SMK Negeri 5 Semarang  diarahkan pada usaha menanamkan sikap disiplin, kepemimpinan, dan kemandirian dalam usaha mengembangkan diri baik fisik, intelektual, emosional, maupun sosial. Sehingga dengan kegiatan MPLS, diharapkan mampu menempa calon peserta didik yang berkualitas, berintelektual, dengan mengedepakan urusan bersama, serta berguna bagi agama, keluarga, bangsa, dan Negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *