Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

   Aloe vera atau lebih dikenal dengan lidah buaya merupakan tanaman asli dari Afrika Selatan dan Arabia. Tanaman ini telah dikenal sebagai tanaman obat maupun kosmetik sejak berabad-abad yang lalu. Hal ini tercatat dalam Egyptian Book of Remedies, yang menerangkan bahwa lidah buaya sudah dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pelembab kulit.

   Menurut Dowling (1985), hanya 3 jenis lidah buaya yang dibudidayakan secara komersil di dunia, yakni: Curacao aloe (Aloe barbadensis Miller), Cape aloe (Aloe ferox Miller), dan Socotrine (Aloe perryl baker). Dari ketiga jenis tersebut yang banyak dimanfaatkan adalah species Aloe barbadensis Miller yang ditemukan oleh Philip Miller. Sedangkan jenis yang banyak dikembangkan di Indonesia adalah Aloe chinensis Baker, yang berasal dari China, tetapi bukan tanaman asli China. Jenis ini di Indonesia sudah ditanam di Kalimantan Barat dan lebih dikenal dengan nama Lidah Buaya Pontianak, yang dideskripsikan oleh Baker pada tahun 1877. Ciri-ciri tanaman ini adalah bunga berwarna oranye, pelepah berwarna hijau muda, pelepah bagian atas agak cekung dan mempunyai totol putih di pelepahnya ketika tanaman masih muda. Tanaman lidah buaya banyak dibudidayakan di Indonesia, terutama di Kalimantan Barat atau Pontianak dan menjadi salah satu ‘ikon’ kota Pontianak. Tahun 1980 lidah buaya mulai masuk ke daerah Siantan Hulu. Saat itu lidah buaya diperkenalkan sebagai salah satu produk olahan makan atau minuman yang dibuat dari pelepah lidah buaya. Pada tahun 1992, barulah lidah buaya dikenal luas oleh masyarakat Pontianak.(dinaspertanian.kotapontianak.go.id)

   Tanaman lidah buaya masuk dalam suku Liliaceae, yang memiliki lebih dari 250 jenis tanaman. Tanaman lidah buaya dapat tumbuh di daerah kering seperti Asia, Afrika dan Amerika. Kandungan yang ada dalam lidah buaya antara lain:

  • Vitamin, yaitu A, B1, B2, B3, B12, C, E, Choline, Inositol, Folic Acid
  • Mineral, yaitu Calsium, Magnesium, Potasium, Sodium, Iron, Seng, Chromium
  • Enzim, yaitu Amylase, Catalase, Cellulose, Carboxypepilase, Carboxyhelulose, Bradykinase
  • Asam Amino, yaitu Arginin, Aspargin, Aspartat Acid, Analine, Serine, Glutamat, Threonine, Glycine, Phenil alanine, Histidine, Isoliucine

   Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dalam 100 gram gel lidah buaya terdapat kandungan :

  • Air : 99,5%
  • Lemak : 0,067%
  • Karbohidrat : 0,043%
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Total padatan terlarut : 0,49%

(Kathuria et all, 2011)

   Seperti yang sudah dituliskan di atas bahwa lidah buaya adalah tanaman yang banyak dimanfaarkan dalam industri farmasi dan kosmetik, kecantikan serta kesehatan. Berikut ini akan dipaparkan beberapa manfaat dari lidah buaya :

Lidah buaya untuk industri farmasi dan kosmetik

Sudah tidak diragunakan lagi pemanfaatan lidah buaya untuk industri farmasi dan kosmetik. Hal ini disebabkan kandungan vitamin A, B12, C dan E dalam lidah buaya sangat besar. Lidah buaya merupakan salah satu bahan baku dalam pembuatan obat dan kosmetik.

Lidah buaya untuk kecantikan

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan sudah tidak diragukan lagi baik dalam bentuk olahan krim kecantikan maupun langsung dari lendir/gel tanaman lidah buaya. Berikut beberapa manfaat lidah buaya untuk kecantikan :

Mengatasi kulit kering

Manfaat lidah buaya sangat baik untuk mengatasi kulit kering. Gel serbaguna ini mengandung 98% air yang membantu menenangkan, dan melembapkan kulit. Lidah buaya gel dapat terserap dengan mudah di kulit. Ini membuat lidah buaya gel bisa dijadikan pelembap alami kulit. Selain itu, lidah buaya gel juga bisa menyerap kelebihan minyak di kulit. Jika dioleskan ke kulit, getah/lendir dari lidah buaya bisa menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit secara alami karena adanya kandungan antioksidan, vitamin, mineral dan enzim.

Mencegah penuaan dini

Kerutan dan penuaan dini juga bisa dicegah dengan manfaat lidah buaya. Sifat antioksidan dalam lidah buaya dapat membantu memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari dan memperlambat proses penuaan pada kulit. Kandungan lidah buaya yang kaya akan beta karoten, vitamin C, dan E ini dapat membantu mengencangkan kulit dan menjaganya tetap terhidrasi. Lidah buaya gel juga membantu meningkatkan produksi kolagen yang mencegah kerutan dan garis halus. Menggunakan gel ini membantu membuat kulit lebih kenyal dan sehat. Selain itu, adanya kandungan antioksidan pada gel mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Inilah salah satu manfaat lidah buaya untuk wajah yang paling menarik, karena mampu mencegah dan bahkan memperlambat penuaan dini sehingga membuat kulit terlihat lebih awet muda. (hot.liputan6.com)

Mengatasi jerawat

Manfaat lidah buaya juga dapat mengatasi jerawat. Selain menyerap kelebihan minyak yang jadi penyebab jerawat, lidah buaya gel juga punya sifat anti-inflamasi. Lidah buaya dikenal karena sifat antibakteri, antivirus, dan antiseptiknya yang dapat mengobati bentuk jerawat yang meradang, seperti pustula dan nodul. Lidah buaya gel juga membantu mencegah timbulnya bekas jerawat. Lidah buaya gel mempercepat waktu penyembuhan luka dan membatasi jaringan parut. Cukup oleskan lidah buaya gel ke area berjerawat tiga kali sehari.

Lidah Buaya untuk kesehatan

Lidah buaya juga dikenal memiliki banyak manfaat dalam dunia kesehatan. Lidah buaya merupakan tanaman obat yang biasa ditanam di pot oleh masyarakat. Manfaat dari lidah buaya untuk kesehatan antara lain:

Mengobati luka bakar

Lidah buaya dapat digunakan untuk mengobati luka bakar dengan mengoleskan lendir/gel lidah buaya pada luka bakar maka akan membantu mempersingkat penyembuhan pada jaringan kulit yang mengalami luka bakar. Hal ini disebabkan sifat gel lidah buaya yang memiliki sifat pelembab alami dan kandungan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi serta memperbaiki sel yang rusak.

Mengobati sariawan

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa lidah buaya dapat mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh sariawan.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Mengutip dari Jurnal berjudul Pengaruh Jus Lidah Buaya Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi karya Shella Ramadhani, lidah buaya mengandung senyawa aktif flavonoid, ariginiin, dan kalium yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.  Bahkan senyawa aktif dalam lidah buaya juga bisa untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Sebagai obat herbal darah tinggi, lidah buaya bisa dikonsumsi dengan cara diolah menjadi jus. (Tri Sulistiyowati ,https://kesehatan.kontan.co.id)

Meredakan asam lambung

Getah gel lidah buaya bermanfaat untuk menjaga keseimbangan asam perut bila dikonsumsi dengan jumlah tepat. (Tri Sulistiyowati ,https://kesehatan.kontan.co.id)

Menurunkan kadar gula darah

Dikutip dari sebuah penelitian yang dimuat di International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacy, mengonsumsi dua sendok makan jus lidah buaya per hari dapat menyebabkan kadar gula darah turun pada penderita diabetes tipe 2.

 

Renita Tri Parwanti, S.Pd
Guru Kimia

One thought on “Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Leave a Reply

Your email address will not be published.