SMK Negeri 5 Mengikuti LKS Virtual SMK “Prototype Modelling” Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021

 STEMA- SMK Negeri 5 Semarang mengirimkan salah satu siswa terbaik untuk mengikuti LKS-SMK dalam bidang Prototype Modelling. Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Teknik Pemesinan SMK tahun 2021 tingkat Jawa Tengah ini dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2021, dengan Kabupaten Purworejo sebagai tuan rumah. Bersama 5 peserta dari sekolah lain di Jawa Tengah, lomba ini dilaksanakan secara daring dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Prototype Modelling adalah bidang lomba drafter yang menampilkan suatu desain produk bagi desainer untuk menguji, menilai, dan memodifikasi selama proses pengembangan produk. Pada bidang lomba ini peserta melakukan proses desain 3D CAD, pengoperasian mesin seperti milling, turning dan pembentukan model dengan alat tangan, pengecatan atau pewarnaan dengan kaleng warna semprot dan proses penghalusan akhir.

Penilaian LKS-SMK ini menggunakan dua teknis, yaitu obyektif dan subyektif. Penilaian subyektif dilakukan dengan cara pengamatan secara online kepada peserta sepanjang lomba berjalan. Meskipun lomba ini dilakukan secara daring, tidak mengurangi ketepatan bagi tim juri dalam melakukan penialain. Pasalnya, pada setiap sesi lomba peserta diwajibkan tampil pada layar kamera yang disaksikan oleh juri dengan 3 sudut kemera yang berbeda secara live. Sedangkan penilaian obyektif didasarkan pada pengukuran dimensi benda hasil kerja. Juri penilai pada lomba Prototype Modelling berasal dari Dunia Pendidikan dan Industri.

Teknis pengumpulan hasil kerja dilakukan usai rangkaian sesi lomba selesai pada hari yang sama. Sekolah mengirimkan hasil kerja ke Tim Juri di Purworejo. Kemudian hasil kerja peserta lomba tersebut akan dilanjutkan dikirim ke Karawang, untuk dilakukan penilaian oleh Tim juri dari Dunia Industri.

“LKS Virtual ini adalah yang kedua bagi kami SMK Negeri 5 Semarang, tahun lalu kami membawa pulang piala juara ke-4, harapan kami tahun ini bisa naik peringkat hingga juara 1, sesuai slogan kami STEMA: Raih Prestasi, kejar mimpi!,” tutup Sri Suwarno, S.Pd.,M.Pd. Kepala Sekolah SMK Negeri 5 Semarang.

Penulis : Budiono, S.Pd

One thought on “SMK Negeri 5 Mengikuti LKS Virtual SMK “Prototype Modelling” Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.