Kegiatan ANBK Dilaksanakan Tanpa Hambatan

             Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) SMK Negeri 5 Semarang berjalan dengan baik. Artinya, proses ANBK yang dilakukan selama dua hari, mulai tanggal 20 dan 21 September 2021 ini berjalan tanpa hambatan. “Lancar, signyal bersahabat, sistem berjalan sebagaimana mestinya, dan Alhamdulillah siswa kami tidak grogi  menghadapi ANBK ini”, Ujar Sri Suwarno, S.Pd.,M.Pd, Kepala SMK Negeri 5 Semarang.

            Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.

            “ANBK yang berlangsung di SMK Negeri 5 Semarang ini menggunakan 3 ruang laboratorium TKJ. Setiap ruang hanya disi oleh 15 siswa dengan tetap menjaga jarak antar peserta sekitar 1,5 meter. Semua peserta, panitia dan pengawas wajib melakukan cek suhu tubuh, memakai masker dan mengikuti prokes layaknya simulasi PTM. Hal ini kami lakukan mengingat  pelaksanaan ANBK ini berbarengan dengan simulasi PTM (Pertemuan Tatap Muka) terbatas SMK Negeri 5 Semarang. Sebelum memasuki ruang ujian ANBK, siswa yang telah hadir di sekolah terlebih dahulu memasuki ruang transit yang sudah kami sediakan”, tutup Wakil kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Aris Susanto, S.Pd.

 

Oleh : Megawati Retnaningtyas, S.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *